Tutorial Cara Asus Flashtool Dengan Mudah dan Minim Resiko

Cara Asus Flashtool sebetulnya tidaklah sulit. Namun demikian tentunya tidak semua orang mengetahui caranya. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibahas dengan tuntas mengenai berbagai hal yang terkait dengan Asus Flashtool.

Apa itu Asus Flashtool?

Flashtool

Flashtool

Asus Flashtool merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan flashing pada smartphone Asus. Flashing sendiri adalah sebuah kegiatan menginstall atau memodifikasi firmware yang tersimpan dan terproteksi pada sebuah flash memory ( ROM ) di smartphone Asus. Flashing OS menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memasukan data sistem operasi atau menginstall kembali sistem operasi berikut dengan kernelnya ke dalam smartphone Asus.

Sederhananya, flashing adalah sebuah proses memasukan firmware ke dalam data komputer pada smartphone. Flashing memori sendiri mengijinkan banyak lokasi memori untuk dihapus dan ditulis kembali dengan sistem operasi yang baru.

Sedangkan firmware sendiri adalah sebuah perangkat lunak atau sebuah program yang bersifat tetap serta tertanam di dalam perangkat smartphone. Secara garis besar, firmware merupakan sistem operasi dari android itu sendiri. Jadi jika sebuah smartphone tidak memiliki sistem operasi, maka smartphone tersebut tidak akan berarti apa-apa karena tidak akan mampu menjalankan perintah dari penggunanya.

Keuntungan Melakukan Flashing

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan flashing dari cara Asus Flashtool. Adapun keuntungan yang didapatkan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Flashing dapat memperbaiki berbagai kelemahan dari vendor karena terkadang fitur bawaan vendor tidak terlalu bagus atau bahkan banyak memiliki kekurangan.
  2. Flashing juga mampu mengubah tampilan smartphone menjadi lebih menarik seperti tampilan pada launcher dan lain sebagainya.
  3. Flashing mampu membuat pemakaian smartphone menjadi lebih friendly.
  4. Meningkatkan kemampuan smartphone juga dapat dilakukan dengan cara flashing.
  5. Terakhir adalah flashing mampu mengurangi beberapa bug pada software bawaan vendor.

Langkah Persiapan

Sebelum masuk pada  langkah melakukan flashing dengan cara Asus Flashtool, maka anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu seperti berikut ini:

  1. Siapkan seperangkat komputer atau laptop dengan sistem operasi windows ( minimal windows 7 )
  2. Siapkan pula kabel USB dan pastikan kabel tersebut dalam keadaan baik.
  3. Siapkan device smartphone Asus ( Asus Zenfone ).
  4. Pastikan baterai smartphone dalam keadaan penuh atau lebih dari 50%.

Langkah Flashing

Setelah menyiapkan perangkat tadi, maka kini masuk pada langkah flashing. Adapun cara Asus Flashtool adalah:

  1. Download terlebih dahulu Asus Flashtool yang sesuai dengan seri smartphone yang digunakan.
  2. Download juga driver intel
  3. Download firmware khusus Asus yang akan digunakan dan sesuai dengan seri smartphone-nya.
  4. Extract seluruh software yang telah didownload tadi pada satu folder.
  5. Install terlebih dahulu driver intel, setelah itu restart komputer/laptop agar komputer/laptop dapat menyesuaikan ulang.
  6. buka asus flash tool
  7. Install Asus Flashtool
  8. Buka Asus Flashtool dan hubungkan device dengan komputer dalam mode download. Adapun caranya adalah tekan dan tahan tombol volume + power secara bersamaan hingga masuk pada menu flashboot.
  9. power up and down

    power up and down

  10. Biarkan flashtool mendeteksi sendiri tipe smartphone yang digunakan. Jika tidak terdeteksi, maka ulangi langkah ke 5 hingga ke 7.
  11. Jika telah terdeteksi maka akan muncul serial number ponsel dan logo berwarna biru.
  12. firmware raw

    firmware raw

  13. Selanjutnya pada Asus Flashtool klik icon box dan pilih firmware RAW yang akan digunakan ( pastikan file yang dipilih berekstensi .raw ).
  14. Klik serial number ponsel yang akan di flash.
  15. Klik start untuk memulai proses flashing.
  16. Tunggu hingga semua proses selesai, dan kegiatan flashing pun telah berhasil.

Nah, cara Asus Flashtool ini hanya akan memperbaiki bagian software smartphone Asus saja. Jika yang terkendala adalah bagian hardware, maka untuk memperbaikinya tidak bisa dilakukan dengan cara flashing.

Silahkan Berikan Komentar dan Saran Anda dibawah :)

Tags:
Tutorial Cara Asus Flashtool Dengan Mudah dan Minim Resiko | Harga Asus | 4.5