Cara ASUS Recovery Pada Smartphone Android

Cara ASUS Recovery—ASUS merupakan salah satu perusahaan pembuat smartphone asal Cina yang sukses dalam melakukan penjual berbagai produknya di Indonesia. Pada awalnya memang ASUS bergerak sebagai produsen komputer dan juga laptop, namun belakangan ini, ASUS juga serius dalam menggarap pasar smartphone dunia.

Produk-produk dari ASUS memang cukup populer di Indonesia. Khusus untuk smartphone, merek ASUS Zenfone, ASUS Zenpad dan juga ASUS Pegasus cukup memiliki tempat di hati para pecinta gawai ( gadget ) tanah air.

Walaupun merek ASUS sangat terkenal dan juga memiliki kualitas yang tentunya tidak perlu diragukan lagi, namun ada kalanya ponsel pintar ASUS juga mengalami masalah. Cara ASUS recovery bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada ponsel ASUS.

Menyelesaikan Masalah Dengan ASUS Recovery

Cara ASUS Recovery zenfone

Cara ASUS Recovery zenfone

ASUS recovery bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone ASUS, terutama masalah software. Adapun berbagai masalah software yang sering terjadi pada ASUS adalah bootlop dan juga hang. Walau begitu, ASUS recovery juga bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah ketika anda lupa pasword atau lupa pola kunci untuk membuka smartphone ASUS.

Nah, sayangya tidak banyak orang yang mengetahui cara ASUS recovery ini. Tidak sedikit pula orang yang bingung dalam menjalankan ASUS recovery walau mereka sudah mengetahu fungsi-fungsi recovery  tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menjalankan ASUS recovery.

Langkah-Langkah Menjalankan ASUS Recovery

recovery mode

recovery mode

Seperti yang telah dijelaskan tadi, tidak semua orang mengetahui fungsi dan juga bisa menjalankan ASUS recovery karena memang fitur satu ini dapat dikatakan sebagai fitur tersembunyi yang dimiliki oleh ASUS. Oleh sebab itu, dibutuhkan trik khusus untuk menjalankan fitur tersembunyi ini. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menjalankan fitur recovery di smartphone ASUS diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan perangkat smartphone terlebih dahulu.
  2. Setelah perangkat benar-benar mati, selanjutnya tekan dan tahan tombol power serta tombol volume ( + ) secara bersamaan selama beberapa saat hingga muncul logo android, dan kemudian lepaskan.
  3. Nantinya pada layar akan tertampil pilihan Bootloader/Droidboot/Fastboot serta Normal Boot atau Recovery Boot.
  4. Anda harus memilih Normal Boot atau Recovery Boot dengan menekan tombol volume ( + ) ataupun tombol volume ( – ).
  5. Setelah anda memilih menu Recovery Boot, kemudian masuk pada menu tersebut dengan menekan tombol power.
  6. Nantinya perangkat smartphone ASUS anda akan melakukan reboot ataupun restart dengan sendirinya dan kemudian secara otomatis akan masuk pada mode recovery.
  7. Nah, pada saat masuk pada menu recovery inilah akan tertampil gambar si robot hijau tertidur. Kemudian anda harus menekan tombol power dan volume ( + ) secara bersamaan kembali selama 3 detik dan anda pun akan masuk pada mode recovery sepenuhnya.

Menu Mode Recovery

Pada mode recovery ini terdapat beberapa menu seperti:

  1. Reboot system now
  2. Apply update from ADB
  3. Wipe data/factory reset
  4. Wipe chase partition
  5. Reboot to bootloadder
  6. Power down
  7. View recovery log

Nah, anda tinggal memilih menu yang anda butuhkan dari mode recovery ini. Caranya sama seperti pertama yaitu dengan menggunakan tombol volume untuk memilih mode dan power untuk masuk pada mode tersebut.

Nah cara ASUS recover ini bisa anda gunakan jika sewaktu-waktu terjadi masalah yang cukup serius pada ponsel ASUS anda. Dengan cara ini anda tidak perlu repot-repot membawanya ke tempat service sehingga harus mengeluarkan kocek lagi.

Silahkan Berikan Komentar dan Saran Anda dibawah :)

Tags:
Cara ASUS Recovery Pada Smartphone Android | Harga Asus | 4.5